Tips Untuk Berubah Dari Kuper dan Cara Agar Tidak Dijauhi Teman

Kuper adalah singkatan dari kurang pergaulan, ini adalah salah satu dari ribuan sifat manusia yang berarti seorang individu tidak ingin bergaul luas dengan dunia luarnya dan hanya bergaul dengan kelompok yang menurutnya asyik untuk diajak bergaul. Kebanyakan yang kita tahu orang kuper adalah orang yang tidak ingin keluar rumah, dan hanya berdiam diri di dalam rumah saja. Akan tetapi, sebenarnya tidak hanya itu salah satu contoh kuper, contoh lainnya adalah apabila seorang individu hanya bergaul di kelompoknya saja, seperti kelompok anak-anak culun yang biasa berada di lingkungan sekolah kita, dan mereka pasti sulit untuk menerima dunia baru dari kawannya yang lain. Orang kuper sebenarnya bisa bergaul, contohnya seperti para orang kuper yang ada di media sosial, mereka sebenarnya mampu berekspresi dan bercengkrama dengan individu lainnya. Namun, dikarenakan mereka tidak memiliki rasa percaya diri terhadap diri mereka sendiri, mereka menjadi malu untuk mengeksspresikan diri mereka terhadap temannya yang lain.
Sifat kuper ini memang tidak berbahaya secara fisik, namun dapat membahayakan bagi kejiwaan orang yang mengalaminya. Sifat ini harus segeralah dihilangkan, karena kuper adalah salah satu hal yang bisa membuat anda sulit mendapatkan kesuksesan. Lalu, bagaimana caranya menghilangkan sifat tersebut? Berikut tipsnya...


1.      1. NIAT.
Sebagaimana yang kita tahu, niat adalah awal dari segala sesuatu, tanpa niat yang kuat seorang manusia tidak akan bisa mendapatkan sesuatu yang ingin dicapainya. Tetapi, berawal dari niat, otak akan menstimulasikan anggota tubuh yang lainnya untuk bergerak sesuai dengan yang manusia niatkan secara maksimal.
2.      2. Kenali Karakter Teman-teman disekitarmu.
Yang kedua adalah kalian harus mencoba mengenali karakter teman-teman disekitarmu, biasanya kelompok pergaulan baik di sekolah ataupun rumah memiliki ciri khas pergaulan yang membuat mereka bisa bercakap-cakap satu sama lain. Seperti halnya, obrolan mereka lebih sering membicarakan sepakbola atau video games dan sebagainya. Kalian juga perlu mengetahui karakter-karakter dari masing-masing temanmu seperti sifatnya pemarah, atau baperan supaya kalian tahu bagaiaman bersikap dengan mereka.
3.      3. Cobalah ikut pembicaraan mereka.
Setelah kalian mengetahui apa yang disukai oleh teman-teman kalian, yang perlu kalian lakukan adalah mencoba membuka pembicaraan dengan mereka. Caranya adalah, ketika mereka sedang berkumpul dan bercakap-cakap, kalian dengarkan baik-baik apa yang mereka bicarakan, setelah itu kalian cobalah masuk keruang lingkup mereka dan cobalah membuka pembicaraan sesuai topik yang sedang mereka bicarakan. Contohnya mereka sedang membicarakan pertandingan as roma vs realmadrid, kalian datangin saja lalu membuka punchline bicara kalian agar mereka melihat kalian contohnya seperti “oh ya madrid semalem menang ya 2-0”. Dengan cara seperti itu, temanmu akan mulai memandangmu karena pembicaraan yang mereka sukai ternyata kamu ketahui juga. Disini wawasan anda benar-benar dibutuhkan, karena jika anda salah bicara teman-teman anda bisa menganggap anda aneh atau sok tau, dan itu bisa berbahaya.
4.      4. Ikuti event-event yang mereka buat
Dalam pergaulan, biasanya para kelompok pergaulan sering membuat event-event tertentu untuk mempersolid pertemanan mereka, seperti bermain futsal, jalan-jalan ke kota tua, dan lain sebagainya. Disini, kalia yang benar-benar ingin merubah kehidupan kalian, harus mencoba mengikuti event-event tersebut. Namun, kalian juga harus melihat-lihat apakah event tersebut baik/tidak.
5.     5.  Akrabkan diri
Setelah keempat cara tadi kalian lakukan, ini adalah yang terakhir yang harus kalian lakukan. Setelah terbiasa mengikuti pembicaraan mereka cobalah mengakrabkan diri dengan beberapa dari mereka dan jadikan mereka sahabat kalian, dengan begitu mereka akan merasa cocok dengan kalian dan menerima kalian. Kalian juga harus saling membantuk mereka ketika kesulitan, dan cobalah untuk memberikan lelucon ketika sedang bercakap-cakap dengan mereka.


Demikianlah artikel dari saya, pada dasarnya kalian tetap harus memilih teman dengan benar karena pergaulan akan membentuk kepribadian kalian, namun bukan berarti kalian tidak bergaul juga sehingga kalian mengurung diri dan kurang pergaulan. Semoga artikel ini dapat membantu, hanya inilah yang dapat saya berikan karena saya juga masih pelajar, untuk lebih jelasnya silahkan cari artikel-artikel terkait di situs lain. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan, wassalammualaikum wr.wb.